Apr 21

One of Hell Week I’ve ever been Through

Yak., hell week….salah satu minggu tergila dalam kehidupan mahasiswa saya. Hari selasa, saya ada deadline kerjaan, ngurusin , dan ada UTS yang Sayangnya saya gak punya gambaran materinya apa karena jarang berangkat eh malah ketambahan panggilan E-KTP :mad: yang berarti saya harus pulang ke rumah. Pada hari selasa saya ujian jam 10 berarti selesai jam 12 ditambah servis motor yang jadwal servisnya telat 200km jadilah saya jam 2 baru bisa berangkat, dengan hitungan standar maka jam 4 mepet sampai rumah. Malam selasa saya gak bisa tidur karena mikir beberapa hal, terutama karena materi UTS yang saya gak tau :hammer: jadilah saya melek dan amazingly tertidur jam 07.30 :batas: bangunlah saya di jam 09.50….YA! 10 menit sebelum ujian dimulai padahal pengawas biasanya mulai 5-10menit sebelum jadwal Jadilah saya langsung bangun dari tidur 2,5jam, otak yang belum sukses booting membawa saya naik motor langsung setelah menyandang tas di punggung, tapi ada yang salah. Celana pendek dan sandal! 2 hal yang akan membuat anda ditolak dari ruang ujian meskipun beberapa kali baik sadar maupun tidak sadar pake sandal ke ujian akhirnya otak yang setengah booting ke kamar mandi, cuci muka, sikat gigi, pake celana panjang, sepatu, baru berangkat ujian. Eh di jalan ternyata otak belum sukses booting (selemot laptop saya) jadinya diperjalanan berasa terbang dan enteng gak tau mungkin sampe ngowoh juga dan sukses muter-muter komplek milan-UPT-Vokasi karena mencoba masuk milan lewat timur :hammer:. Kepekokan itu mencapai puncak ketika Ujian mulut menganga melihat soalnya :matabelo: Ya sudahlah mau gimana lagi.
Selesai ujian, keluar sebelum waktunya karena udah bingung mau nulis apa akhirnya ngobrol-ngobrol sama temen2 di kantin milan. Di tengah obrolan, datanglah telpon dari Pekanbaru, mentor saya yang jadi CP Seminar telpon, dia barusan dapat telpon dari sekretariat Gubernur DIY bahwa diminta ke sekretariat daerah sekarang membawa surat permohonan pembicara dan proposal karena memang Sultan kami rencanakan jadi keynote speaker. Karena agak terbawa kultur militer, ketika ditelpon jawabnya cuman siap, siap, bisa mas, siap :hammer: akhirnya saya sms beberapa orang yang jadi humas, sekretaris (buat surat+proposal) dan PJ sultan. Karena sms ngetiknya ribet, akhirnya :mad: dan ke pos SKK, beli pulsa sama salah satu mas SKK :p. Telpon sono telpon sini yang ditelpon juga semi bingung, karena ada yang diare karena night life sesat (ngakunya kebanyakan balado) ada yang jam 1 ujian, ada yang masih ngantuk abis jaga warnet. Akhirnya solved (consider it solved, katanya pemimpin musti percaya bawahan :ngacir:) setelah dipastikan bahwa urusan ke sekretariat Sultan HB sudah kelar maka saya balik kontrakan, mandi, terus berangkat pulang.
Apakah semuanya beres saat pulang? gak! mau servis motor ke Indojaya Gejayan eh ternyata antri banyak, akhirnya ke Indojaya Kaliurang di perempatan Kentungan, untung disono sepi. Disono pun ada yang bikin :mad: mereka cuman sediain oli SGP bikinan suzuki, padahal saya pengen pake Enduro yang katanya bikin saya buntung bangsa untung itu. Karena gak ada oli lainnya ya apa boleh buat. Setelah nyerahin kunci+menyampaikan curhat problem motor saya nunggu dengan tidur, tidurnya serasa berjam-jam. Akhirnya dibangunkan masnya, dia bilang ada problem sama velg, karena mengharuskan ganti velg, yowis biarkan saja mas, toh belum parah :hammer: Akhirnya jam 2 kurang saya berangkat pulang. Kali ini via ringroad utara yang sebenernya lama gak saya lewati karena insiden terbang dan mendarat di separator. Karena kurang tidur, mata melotot, adrenalin terpacu, masih disempetin beli duku (lagi kecanduan duku) di deket KR jalan solo terus di perjalanan gas pol mentok sambil sempetin ngunyah duku. Karena gas pol dan terasa enteng, akhirnya sampai jatinom dalam 1 jam, berhubung perut kayaknya minta tambahan darah biar mata makin melotot maka di perbatasan Klaten-Boyolali beli sate kambing Pak Reso :recsel yang udah jadi langganan. Di sini Nasi dikasih sebakul kecil cukup buat 2 piring standar, kalau kurang boleh nambah nasi :p akhirnya Nasi+Sate Kambing+Kerupuk+Es teh dibayar cukup dengan 12Ribu, Didapatlah hasil Tensi darah Maksimal!!!! Mata yang lebih melotot dan adrenalin yang lebih terpacu. Sampai ke rumah jam 4 kurang 10. berbarengan dengan ibu pulang dari sekolahan, ributlah ibu karena udah jam 4. Dan tiba-tiba maksa ikut ke kecamatan, karena kecamatan deket ya 3 menit sampai. Sampai sana gerombolan antrian sepi, masuklah saya disambut muka cemberut salah satu pegawai kecamatan :ngakak dia omong tutup dibalas serentetan serangan dari ibu saya terutama masalah saya ujian,besok ujian lagi padahal enggak dsb dsb, pegawai kecamatan yang lain karena kenal dan segan akhirnya ngasih nomer antrian juga :p meskipun bapak yang cemberut itu tetep ngedumel :ngakak


Sebenernya saya punya pengalaman terhadap bapak itu, di jaman pemilu yang lalu itu bapak jadi panwaslu. Ketika saya ikut ngelaporin kesalahan prosedural fatal di sebuah TPS (dimana suara dicoblos di berbagai tempat disahkan) itu bapak dengan santainya bilang : “ah TPS itu kan gak signifikan” :hammer: mau dibawa kemana negara ini kalau PNSnya kayak gini semua, saya mau menambahkan juga. UNDANGAN E-KTP ITU BERTULISKAN SAMPAI 17.00 jadi bisa ditambah kan list kedongkolan saya, bahwa itu PNS, aparat pemerintahan dapat insentif untuk kerja sampai jam 17.00 tapi udah tutup jam 16.00. Setelah saya ada dua orang yang tadinya hopeless besok dateng lagi, ngeliat saya dapat antrian, ikut minta juga :p. Akhirnya giliran saya dipanggil, masuklah saya, eh operatornya saya kenal, masih muda, dulu jaman orang gila bunga yang mirip tembakau, saya dan masnya ini termasuk golongan pake nalar ambil keuntungan sebanyak-banyaknya jadilah pengambilan data E-KTP saya sambil ngobrol diiringi lagu LIMP BIZKIT yang disetel operator E-KTP satunya. Masnya omong, “pak X ki senenge kesusu-susu, wong kene wae sante, kan mesakne sing kecele” atau artinya pak X itu kok terburu2, kita yang ambil data aja santai, kan kasian yang ditolak masuk. Dan benar habis itu ada keributan, datang satu rombongan pake mobil yang akhirnya balik kanan dengan kecewa karena diomongin udah tutup! Ya, undangan sampai 17.00, ada orang datang jam 16.10 tapi ditolak masuk! wow, birokrasi ala endonesa yang gak kalah sama democrazynya. Di tengah bapak x ngedumel udah sore tiba-tiba komputer yang dipakai ngambil data saya programnya not responding saat mau ambil data iris :ngakak dan mas operatornya sambil bercanda, lo pak koe nesu2 kompetere hang :ngakak dan sambil buka task manager masnya bersungut-sungut dasar program buatan India!!!! orang Indonesia banyak heker kok ya yang menang tender perusahaan India….ya itulah Indonesia mas :ngakak
Selesai E-KTP saya sebenernya ada janji mau ketemuan sama seorang oknum elins 2007 menyelesaikan kerjaan di kontrakan. Janjiannya jam 9 jadinya saya planning langsung balik jogja jam 7. Tiba tiba ibu saya ngomong kalau adik saya balik. Begitu saya sampaikan saya mau ke jakarta pada rabu sore mau ngurus pembicara maka ibu saya ngomong, motormu mbok digowo adimu :hammer: jadilah rencananya jam 7 saya berangkat bersama adik saya ke jogja, paginya adik saya pulang ke rumah bawa motor, E-KTP terus balik ke semarang kuliah :matabelo:. Setelah itu datanglah sms ‘bersayap’ dari oknum tersebut. Janjian cancelled, jadilah saya langsung tidur, dengan rencana bangun jam 9 malem terus berangkat.
Bangun? bangun sih tapi udah jam 22.00 :ngakak hujan lagi, akhirnya mbangunin adik, sambil nunggu hujan reda, akhirnya jam 11 berangkat beneran, rencana langsung ke jogja via kartasura karena jatinom lagi perbaikan dimana perbedaan lajur kiri kanan bisa 30cm tingginya. Isi bensin di Pom Bensin COCO Teras eh ban belakang kok kempes? Loh ini kan ban tubeless :bingungs harusnya gak kempes cepet dong, dicobalah diisi pake fasilitas tambah angin di pom bensin tersebut, loh kok berdesis? dari arah pentil lagi :hammer: alamak googling2 kalau rusak pentil bisa parah itu ban. Sampai berunding sama adik kalau kepaksa ganti ban ya ganti ban saja :hammer: akhirnya ke tukang tambal ban, bapaknya mriksa dan ketika adik saya tanya : “gimana pak? musti ganti ban?” kalau orang model2 birokrat kampret dan PNS korup mesti bilang iya mas, tapi bapaknya ini dengan mantap bilang : “Gak masalah mas, cari cara pokoknya diakali saja” jadi masalahnya adalah ring karet penutup peleg dan pentil sobek entah karena apa, akhirnya dibikinlah ring karet darurat dari ban bekas :cendol:.
Jalan lagi deh, karena kejadian yang bikin gak enak hati ini, akhirnya diputuskan melanjutkan perjalanan dengan mampir menengok om yang lagi dirawat di ICU Panti Waluyo solo karena salah satu penyakit baru yang berhubungan dengan selaput otak. Ketika sms bulik dan om yang jaga disana pada gak percaya kami mau kesana :p akhirnya sampailah disana, buset dah jam 1 pagi bisa masuk rumah sakit :hammer: akirnya ketemu di ruang tunggu ICU. 15 menit disana kami mendapat pemandangan yang dijamin susah dilupakan seumur hidup…..orang berteriak dan menangis karena suami, kakak, anaknya yang baru selesai dioperasi (ya, operasi selesai jam 1 malam) dinyatakan meninggal. Bulik saya yang suaminya dirawat di ICU langsung pergi ke toilet karena gak berani melihat. Saya dan adik saya cuman bisa terdiam menelan ludah melihat kesedihan yang memecah sampai ketika jenazah almarhum dibawa keluar dengan ditutupi selimut :rose: Saya gak bisa membayangkan perasaan orang yang menunggui keluarga yang terbaring di ICU yang hari-harinya terpaksa menghadapi pemandangan sejenis, pasti menjadi tekanan psikologis yang sangat besar jika mendengar pintu kamar ICU atau kamar operasi yang bersebelahan dibuka :( akhirnya saya dan adik memutuskan nginap saja lah, besok pagi saya naik bus ke jogja biar adik saya langsung pulang setelah nemani bulik sampai besok pagi.
Esoknya saya berangkat ke jogja naik bis, dengan tidur yang sangat kurang, cuman bisa 1 jam karena ya tiap ada pintu terbuka/ranjang didorong pasti langsung terjaga :hammer: sampai jogja turun di bandara, kok bandara? iya soalnya mau nyambung transjogja dan turun di halte sarjito biar dijemput orang kontrakan. Sampai jogja jam setengah 8, nungguin sodara jihad, kita mau nyelesain kerjaan. jam 10 jihad datang, saya pinjam motor untuk beli tiket kereta, berangkat pake gajahwong, pulangnya pake senja karena ekonomi ac habis ya sudahlah, meskipun total PP jadi 300rb. Akhirnya utang kerjaan kita kerjakan, coba sono coba sini, ketemu masalahnya ternyata di gesekan motor :D solved! karena ngantuk akhirnya tidur bentar, karena sorenya mau berangkat saya sms beberapa rekan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Eh ternyata saat saya tidur pada telpon :p maap akhirnya jam 3 ke rumah salah satu oknum yang sering kita recokin, print2, tanda tangan, ngecap2 selesai jam setengah 5. Jam setengah 5 pun belum bisa nyiapin baju2 dll karena saya musti ke PPKI UGM aka N2 karena janjian dengan dosen mau ambil sensor2 buat Skripsi saya :hammer: kesana cuman bawa toolbox, ambil sensor, ngobrol2 bentar (dosen saya ngasih waktu 2 bulan buat ngerjain karena kayaknya beliau bedua mau S-3 di negara matahari terbit :hammer:), bahas teknis pengerjaan, terus jam 6 pamitan mau ke jakarta dulu pak. Jam 7 kurang seperempat dari kontrakan bareng ali dan sodara jihad, eh mampir padang sendowo yang di jalan monjali dulu :p ah ketemu ayam bakar yang lama diidam2kan juga :D. Akhirnya sampai tugu jam 19.15, kereta jam 19.26. Rencana di kereta mau tidur eh sebelah saya ibu-ibu yang katanya mau ke pekanbaru tapi tiket jog-cgk mahal akhirnya jog-cgk by kereta disambung pesawat. Ibu-ibunya ngajak ngobrol, karena kantuk tak tertahankan somewhere sebelum wates saya ketiduran :D maap bu kalau saya tinggal tidur :Peace: akhirnya tidur bangun-bangun jam 12 selepas purwokerto, karena batere BB low, butuh kopi juga akhrinya ke restorasi, ngecharge HP dengan modus beli kopi susu. Eh ternyata ada 3 gerbong berisi ana SMA (salah satu anak SMA di jakarta) yang di gerbong banyak yang main kartu, tidur di lantai, pacaran, dsb. Bayangkan saja suasana bus pariwisata tapi dipindah ke gerbong kereta ekonomi AC. karena ngeliatnya jadi gimana gitu, bercanda canda lah sama Polsuska yang katanya polsuska banyak ‘trepik’ sering lewat restorasi, dan benarlah kata polsuska, memang banyak trepik cewek SMA yang mau ngecharge HP, beli minum, beli makan dsb. Menjelang habisnya kopi susu dalam gelas sudah mulai dilirik anak2 yang mau take over bangku sama colokan charger. Pucuk dicinta ulampun tiba (tak tau apa maksudnya) ada intel rebus tak bertuan yang mau dibawa ke gerbong sama pramusaji, yowis mas, kene wae tak sikate :D akhirnya semangkok intel rebus memperpanjang kehidupan saya di restorasi.
Skip skip sampai Pasar Senen tepat waktu coy!!!! 15.21, tumben kereta ngepas, biasanya molor :p. Rencana awal yang mandi di stasiun batal, langsung made my way to kost-an yang mau ditumpangi selama 3 hari di SCBD. Kembali dalam kondisi otak belum booting sempurna, menyeret kaki ke halte transjakarta sambil bbm yang mau ditumpangi bahwa ada change of plan. Sampai halte transjakarta kaget karena ngasih 4rb dibalikin 2rb, eh iya kalau pagi kan masih 2000 :hammer: sampai halte polda jam 06.10 nyeret kaki lagi sampai ke kost-an temen. Say hello, orangnya buru buru mau kerja, hidupin TV, nonton tv dengan mata melotot takut ketiduran karena janjian ketemu di medan merdeka jam 10.00. Jam 09.30 berangkat dari kost, sampai halte polda baru sadar…dompet ketinggalan!!! :hammer: karena selama di kereta dompet ditaruh di jaket -___- terpaksa balik jalan lagi, sial bener, padahal jalan pake sepatu itu cukup menyiksa mahasiswa kayak saya yang terbiasa pake sandal gunung. Akhirnya naik transjakarta koridor 1 jam 10.10. Segera BBM mentor yang mau nganterin masuk Kemhan, eh ternyata beliaunya juga kejebak macet di Cempaka Putih :D. Akhirnya urusan di Kemhan dan sekitarnya beres dan pulang sekitar jam 2, akhirnya pulangnya bareng beliau karena beliau mau ada acara di Balai Kartini. Hari pertama selesai, terus balik kost.
Di hari kamis, saya sebenernya ada 3 janji, janji ketemu sama seorang temen mbahas peluang sponsorship seminar, janji lunch sama salah satu temen KKN yang lagi di jakarta, sama janji dolan sama temen di sore hari. Karena nonton tivi sampai jam 3, akhirnya bangun jam 8.30 pusinglah karena ngejar janjian, dan dengan sukses BB saya tertinggal di kost dan saya mendapati Hape saya satunya kehabisan pulsa, setelah ngobrol masalah sponsorship dengan orang yang jadwalnya mepet juga, akhirnya saya putuskan pulang dulu deh ambil bb terus konfirmasi janji makan siang tadi. Dasar sial, transjakartanya rame banget, sampai kost jam 12.45 :hammer: ada 7 BBM masuk :Peace: dan ya mau gak mau gak jadi makan siangnya, maap maap :Peace:. Akhirnya jam 1-6 melongo di depan tipi, jam 6 keluar sama temen, menikmati macet ala malam sabtu Jakarta. Yah hari ini hari terakhir di ibukota, semoga bisa termanfaatkan dengan baik…

 

Ada satu yang menohok, salah satu teman yang mendengar cerita kepekokan saya di jakarta bilang: “Uripmu kok semrawut le le” well, memang menohok, karena saya sadari memang masih serabutan semua….ditambah punya teman-teman yang a lot older than you bisa memicu pertanyaan “itu” keluar…pertanyaan yang cuman bisa dibalas dengan “hehehehe”
Yak, setelah hell week ini saya harus balik jogja, menutup hell week dengan kerja bakti di N2, nyicil skripsi, rapat kontrakan…. Semoga saya bisa menghadapi sisa 3 UTS, persiapan seminar yang tinggal 38 hari lagi, serta menyelesaikan skripsi yang diberi waktu 2 bulan oleh dps saya :hammer:….apakah nanti masih ada waktu untuk menata hidup? ah tunggu saja nanti semoga terjawab pada waktunya…

Sebuah Kost di Tulodong Bawah, sebelah Menara2 Beton SCBD

Gak bisa tidur, terpaksa ngetik yang suprissingly banyak at 5.19

18 comments

Skip to comment form

    • topxNo Gravatar on April 21, 2012 at 08:42
    • Reply

    astaga, sungguh awesome hidupmu nak. jadi inget dulu saya juga sering mengalami minggu2 sibuk kyk gitu, tapi masih di seputaran lokalan jogja aja sih. :p

    1. hahaha, pulang disuguhi “dalam dua bulan” pik, hajar lah pokoe

    • topxNo Gravatar on April 21, 2012 at 09:07
    • Reply

    eh dosenmu kui neng jepang ng endi prim? keio?

    1. nek melihat referensi yang digunakan nggo ngomong nang profesore sih pak agfi, pak jazi, pak gunawan

    • topxNo Gravatar on April 21, 2012 at 09:19
    • Reply

    udu kok, universitas e kok prim. ng universitas ngendi?

    • zodapopzNo Gravatar on April 21, 2012 at 15:02
    • Reply

    waahhahaa. tapi mending prim minggu iki uripmu produktif, lha aku gegara kebiasaan bandung jadi lagi iso turu jam1an, tangi jam10an. lha mau iki aku turu jam5 isuk tangi jam2 wes koyo kebo -.- jan ra produktif blas :))

    1. derita loe boy :ngakak

    • acicucecoNo Gravatar on April 21, 2012 at 20:58
    • Reply

    wah sehari bisa panjang banget ya :o

    1. tergantung gimana menceritakannya lah ci :alay:

    • TegeNo Gravatar on April 22, 2012 at 06:47
    • Reply

    woa
    padet banget, rinci, detail, terencana *

    dengan doping duku dan sate kambing
    3 bulan mamen, hajar lah, semangat :)

      • TegeNo Gravatar on April 22, 2012 at 06:53
      • Reply

      walah typo
      2 bulan maksute…
      wus wus wus lah pokoke :)

      1. hahahaha, ayo bung, kita songsong kelulusan bersama-sama

    • Imam alias soimNo Gravatar on April 23, 2012 at 22:46
    • Reply

    walah…aku sing moco ki ngasi kesel dewe….
    persis koyo aku mbien pas kuliah nang ugm juga dik…
    semrawut banget hehehhe…ning tetep semangattttt!!!!!!!

    1. makasih mas imam :D

    • khoirNo Gravatar on April 24, 2012 at 10:31
    • Reply

    hari minggu 15 april, pakdheku meninggal..
    hari seninnya, di rumah sakit lihat ranjang didorong isinya jenazah..
    dua hari lihat begituan jadi sedikit stress..
    tapi hal2 semacam itu bisa jadi pengingat buat diri sendiri..

    btw, pertanyaan “itu” ki sebenarnya opo tho? -_-a

    1. bener2 susah terlupakan kui, gledek gledek gledek

      itu? 2 hal yang ditanyakan sama mahasiswa tingkat akhir -___-

    • rahmanuNo Gravatar on April 24, 2012 at 11:03
    • Reply

    wow wow wow!
    Super Prima, hahaha

    Kowe pancen prima tenan, Prim :2thumbup

    1. hahahaha, tuntutan profesi nu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[+] kaskus emoticons nartzco

Get Adobe Flash player Plugin by wpburn.com wordpress themes