Jan 08

Sate Kambing Pak Kamto Jatinom Klaten

Yak, di sisa minggu tenang kemarin menyempatkan pulang ke kampung halaman, untuk bertapa di kaki gunung, halah…
Sejak berangkat dari jogja, yang sudah kepikiran sejak kemaren-kemaren adalah perjalanan pulang kali ini mau makan dimana :p….Karena udah semacam peraturan tidak tertulis bagi diri saya, akhirnya saya putuskan makan di daerah jatinom. Ada 2 peraturan utama saya kalau perjalanan balik rumah atau balik jogja yaitu :
1. Harus makan di tempat yang belum pernah dicoba (Untuk menambah khazanah perkulineran saya :o)

2. Saat ke arah pulang, makannya ya di warung kiri jalan, dan kalau bisa di daerah klaten-boyolali, dan saat ke arah jogja makannya di warung kebalikan pas pulang dan kalau bisa di daerah klaten-jogja

akhirnya saya terbersit untuk menjajal salah satu sate kambing di Daerah Jatinom, Jatinom itu dimana sih? Jatinom itu adalah kota kecamatan yang terletak di tengah-tengah jalan alternatif Klaten-Boyolali, jalannya sering mulus, karena sering diperbaiki gara-gara yang lewat Truk pasir kebanyakan. Namun, jalan ini sangat membantu menyingkat perjalanan bagi yang mau ke arah semarang dari jogja, untuk petanya adalah sebagai berikut

View Larger Map
Nah, di jatinom itu ada sebuah pasar, di pasar itu terdapat beberapa Sate Kambing yang konon katanya sudah kesohor enaknya, memang sih ada sekitar 6-7 Warung sate kambing disana, dan saya baru sempet menjajal 3 :D, untuk sate Pak Kamtonya berada di sebelah Selatan Pasar, menghadap utara, tepatnya di depan kantor kecamatan Jatinom, warungnya ruame banget, bikin makin penasaran :kbgt:  langsung aja diliat tuh penampakan depannya, ada nomor telponnya pulak, siapa tau mau pesan:p

Tampak Luar Warungnya Pak Kamto

Disini menunya standar sate kambing lah, sate, tongseng, gule, sama tambahan Ayam Bakar khas klaten yang legit,,,gak kalah menggoda, tapi bagi saya, tetep sate kambing nomor satu :ngakak, dan itu ada fotonya Pak kamto, curi-curi ya pak fotonya:Peace: , dan memang pesanan mengalir tanpa henti disana, apalagi pas Hari Pasaran, dimana pasarnya rame

Pak Kamto dan area masak yang selalu mengebul


Nah, ini ada suasana dalamnya, jangan tertipu ama foto buremnya yak, disana ada dua ruangan, ruangan duduk dan lesehan yang senantiasa penuh, kira-kira bisa menampung 60 orang lah

Suasana Didalam, ada 2 Ruangan Besar

mari gak banyak cang-cing-cong lagi, langsung bahas satenya, setelah menunggu kira-kira 10 menit datanglah menu pesanan saya

Porsi Sate Kambing Empuk


sate kambing kira-kira 5 tusuk dengan campuran Daging (mostly) ati, dan sedikit (sangat sedikit) lemak. Disiram dengan kuah kecap yang dibumbui, ini yang bikin demen, kecapnya bukan sekedar kecap doang, ada bumbunya, pas di lidah saya :D, dan setelah menggigit dagingnya,,,wow, lumer tapi masih berasa daging,,,,mantap deh empuknya, bener-bener muda nih, gak kalah sama balibul yang kesohor :D. Bumbunya juga kerasa dan meresap ke daging:D, kalau aksesoris lainnya standar, merica sama lalap, tapi bener-bener deh, salah satu sate kambing terenak yang pernah saya cicipi……:recsel:
setelah selesai dan puas (mau nambah sebenenrnya, hehehe, tapi ogah nunggunya), ke kasir, mbayar,,,wow Sate+Nasi+Teh Anget+Kerupuk 2 cuman 11.500 Rupiah, bersahabat, mungkin juga karena cuman 5 tusuk, tapi ya standarnya emang segitu :D

jadi buat saya ini :recsel:, silahkan mencoba kalau pas lewat, kalau menurut anda gak cocok ya memang kuliner itu subyektif:p…..
Kalau saya untuk kelas sate kambing, ratenya 8/10….
Nantikan edisi kuliner berikutnya

15 comments

Skip to comment form

    • FajrNo Gravatar on January 8, 2011 at 12:53
    • Reply

    waaaaahhhh…mantep ndan!aku mbaca tulisanmu aja udah kebayang enaknya prim..dadi ngelih…

    pengen nyoba..tapi jarang-jarang lewat jatinom je..

    nice!

    1. hahahaha,,,siapa tahu pas lewat mas:D bisa ada referensi

    • topxNo Gravatar on January 9, 2011 at 01:46
    • Reply

    hehehe.pasa saya nyoba, menurut saya sate disitu empuknya memang bisa menyamai sate klathak gan

    1. yoi pik,,,makanya recommended,,,,mesti pas kunjungan ke jatinom ki, hehehehe
      bedanya iki dibumbui pik:p

    • baby car seat safetyNo Gravatar on January 11, 2011 at 21:09
    • Reply

    boleh dicoba nih

    terimakasih atas informasinya

    • lupekzNo Gravatar on February 7, 2011 at 08:29
    • Reply

    ini dari klaten kemananya ya mas ?

    1. jalan alternatif Klaten-Boyolali mas dab, lewat tengah kota, sebelum nyampe terminal belok kiri, ikuti jalan ke arah jatinom

    • dhiyenaNo Gravatar on February 16, 2011 at 01:15
    • Reply

    emmmm,, kayaknya enak, bikin kepengen :9

    1. emang enak :p ajak siapa gitu lah nyobain :p
      :ngacir2

    • alekNo Gravatar on December 15, 2011 at 12:32
    • Reply

    emang jos. cedak omahku …

    • ipungNo Gravatar on June 21, 2012 at 11:06
    • Reply

    Apalagi ayam bakarnya dab,mantaaaaaaap,sy tau bgt maslahnya cuman 50 m dr rumah,lha monggo dipuncobi

    1. sudah dicoba mas :D sudah langganan juga disana

    • DanangNo Gravatar on April 30, 2013 at 21:59
    • Reply

    lha iki tonggoku hahahaha…dari rumah cuma 5 meter hehehe…emang segalanya enak (sate-tongseng-gule-tengkleng-ayam bakar-nasi goreng kambing)

    • sastroNo Gravatar on October 15, 2013 at 21:36
    • Reply

    larang. kalau di bandngkan dengan sate kambing yang laen yo soal rasa biasa2 saja enggak ada istimewanya waktu aku mencoba..

    • kistiNo Gravatar on December 21, 2014 at 06:36
    • Reply

    Enak kok…setiap aku pulang kampung ke Jatinom pasti tidak lupa harus mampir ke Sate Pak Kamto

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[+] kaskus emoticons nartzco

Get Adobe Flash player Plugin by wpburn.com wordpress themes