Balada Mata Ikan

Mata ikan merupakan frasa yang lumayan mengganggu dan berkutat di sekitar saya selama beberapa bulan terakhir..

Apa sih mata ikan itu??? menurut kompas mata ikan (klavus) adalah penebalan kulit yang biasanya timbul di permukaan kaki, akibat tekanan dan gesekan terus menerus di bagian kaki. Selain mengganggu kenyamanan, mata ikan juga berhubungan dengan salah satu penyakit lain, salah satunya adalah gangguan saraf.
Ya, saya memang mengalami sedikit masalah dengan si klapus awalnya sih gara-gara nginjak Soket IC di Warso jaman masih berkutat dengan solder….alhasil gara-gara nginjak kaki IC, ada 8 lubang di telapak dan karena didiamkan saja maka luka menutup di luar tanpa yang dalam terobati sehingga sukseslah terbentuk 3 klavus di kaki dimana 1 membentuk klavus besar dan 2 lainnya berdekatan.

Si Klavus memang lumayan membuat saya tersiksa, yang pasti kalau pakai sepatu rasanya susah banget pas buat jalan. Sehingga bikin saya malas pake sepatu, kuliah pun milih pake sandal gunung. Beragam cara sudah dicoba, mulai dari dikorek+digunting sendiri, dikasi kapur+odol, sampai diolesi callusol yang ada iklannya di TV. Karena disinyalir luka dalam yang tertutup terlalu dalam, segala cara tersebut mentok di kulit ari, kalau diterusin sakitnya minta ampun,,,karena menjelang perhelatan ANYE 2010 saya terpaksa pake sepatu 6 hari dan jalan2 alias berguling-guling(rolling) maka sekitar seminggu sebelum hari loading saya beranikan diri ke GMC minta diangkat.

Di GMC, saya minta semua klavus diangkat, tapi kata dokternya ga bisa semua, yang besar yang di tumit diangkat lebih dahulu. Nah ketika masuk ruang tindakan, dokter dan perawatnya lumayan terheran-heran dengan ukuran si klavus. Pertama-tama dibius, mata ikan yang dibuat napak sakit dicoblos jarum suntik,,,alamak rasanya,,,,untung biusnya segera bekerja, habis itu pengangkatan dimulai, kulit digunting dikit2 makin lama makin dalam dan lebar, dan setelah sampai di si biang kerok, ada semacam gumpalan darah yang kayak punya akar putih….dan total lebar yang diangkat 5cm diameternya dan kedalamannya sekitar 1cm,,,,wah lumayan juga kata perawatnya,,,berhubung ngeri liat lubang segitu, jadi setuju kalo 2 klavus yang lain besok aja ngangkatnya. Habis itu lubangnya ‘dimatangkan’ lukanya pakai semacam solder yang besinya bentuknya khusus. Disini mulai kerasa nyos nyos soalnya bius udah mulai ilang, habis itu diperban….sama dokter katanya 5 hari udah sembuh, suruh kesitu lagi kontrol dan ga boleh kena air. Obatnya dikasi amoxcilin sama pereda nyeri,

Ternyata susah juga setelah diangkat, jalan jadi aneh, kalo mandi ato BAB kakinya posisinya aneh, jadi rindu WC duduk di rumah…Esok harinya, kepleset di kamar mandi, terpaksa napak di lantai basah,,,alamak rasanya,,,,,ke GMC lagi….yah ganti perban,,,diingatkan lagi ama dokternya ga boleh kena air…..5 hari berlalu, kontrol ke GMC sama dokter dibilang kayaknya lumayan lama sembuhnya…alamak,,,bentar lagi kudu berguling di JEC selama 6 hari,,,sama perawat dikasi perban baru tapi ngerasa ga sreg, oleh karena itu ke K24 beli perban, obat merah, ama plester hypafix, jaringnya ga beli karena di rumah ada satu bungkus besar life aid kit dari PELNI jadinya ada beberapa yang ga perlu beli :D. Dan rolling di JEC,,,,kesan pertama tersiksa,,,jalan sakit bener, sepatuan lagi,,,untung kebanyakan di pintu belakang karena kejatahan tunggu pintu belakang saat pagi dan malem,,,walaupun sepet juga di belakang, tapi daripada makin parah mending gitu lah. Alkisah selama berguling keluar darah dari tuh luka, hari kedua kontrol ke GMC,,,,damn!!! goro2 buat beraktivitas,,,,lukanya tambah parah dan mau ga mau terpaksa bius lagi dan dikorek lagi,,,,,rasanya ga terbayangkan,,,sama dokter dibilangin kalau sampai keluar nanah harus dikerok lagi bisa2 sampai deket tulang,,,berkat pengerokan ini dalam luka kira-kira 2cm. Mau ga mau tetep berguling di JEC,,,sampai hari keempat keluar darah campur nanah,,,,,yaiiiks,,,males dimarahin dokter kalo ke GMC dan dikerok lagi maka sejak saat itu milih ngganti perban full sendiri dan cuman ke GMC minta obat.

Yak, ANYE selesai, pulang, ternyata lukanya ga sembuh-sembuh maka sampai 4 minggu minum antibiotik terus,,,wah-wah kebanyakan ga ya dosisnya, dan habis lumayan buat perban, karena satu set kassa+obat merah+hypafix tuh sekitar 25ribu dan 4 kali beli. Setelah dihitung dari sejak ke GMC pertama,,,,sembuh benerannya buth waktu 5 minggu,,,,,ckckckck 7 kali lipat dari waktu 5 hari…wkwkwkwkkw

Yah, benar2 jadi pelajaran,,,,dan masih 2 lagi yang rencananya mau tak angkat lagi di GMC habis Kunjungan Industri Elins 2010….Mau ga mau ada tanggung jawab yang harus diselesaikan ^_^….hati-hati ya, jangan ampe kayak saya,,,beneran ga enak kalo ampe punya mata ikan di telapak kaki!!

6 comments

Skip to comment form

    • deptzNo Gravatar on May 11, 2010 at 19:27
    • Reply

    critane kok menyeramkan?hehehe

    btw tulung buat akun selain admin yap. biar pas di kandangbuaya.com keliatan display usernamemu yang lain, dan bukan admin. biar mudah melihatnya dan enak dipandang, ok?

    thanks!:)

    1. hehehehe,,,yang penting nyata terjadi mas

      ok mas…siap

    • dangdyudNo Gravatar on May 12, 2010 at 01:27
    • Reply

    whakwhakhwak..ngeriiiii ndddaaaaa…

    ngggilani tenan..hwkahkwhkahkwakwhakhk

    1. sing peting tidak menganggu dan nulari orang to mas dab???

    • dhiyenaNo Gravatar on May 12, 2010 at 23:28
    • Reply

    howalah,, baru tahu kalau awalnya gara2 soket IC,,

    kudu pake sandal nih kalau ke warso :D

    1. watch your steps…^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[+] kaskus emoticons nartzco

Get Adobe Flash player Plugin by wpburn.com wordpress themes